Jumat, 22 Februari 2013

cara merakit komputer

Hai, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara merakit sebuah komputer..
berikut langkah-langkahnya..


1. Siapkan komponen-komponen komputer yang sudah lengkap mulai dari motherboard, processsor, RAM,  sound card, VGA, harddisk, sampai chasing.
2. Siapkan alat-alat yang akan digunakan, yakni antara lain : obeng, screw, vacum cleaner/ kuas (untuk membersihkan debu).
3. Jika semua alat dan bahan sudah dipersiapakan, maka tahap selanjutnya yakni mulai merakit.
4. Pasang power supply pada chasing menggunakan screw
5. Setelah PS berikutnya memasang motherboard pada chasing dan komponen-komponen off board lainnya yang menancap pada slot di motherboard sesuai dengan jenisnya. Semua komponen harus dipasang dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal.
6. Setelah itu pasang harddisk dan CD-ROM di tempat yang sudah disediakan. Untuk CD-ROM pemasangannya tidak di dalam chasing melainkan dari luar, jangan lupa untuk memasang screw nya
7. Tancapkan semua kabel power dan kabel data pada motherboard dan pada harddisk juga CD-ROM
8. Tancapkan kabel USB, speaker, fan dan yang paling penting adalah SWITCH PANEL. Pemasangan switch panel harus betul-betul diperhatikan karena ini merupakan kunci utama komputer bisa dihidupkan, jika pemsangan terbalik akan mengakibatkan komputer tidak bisa hidup bahkan bisa terjadi konslet. Biasanya pada motherboard sudah tertulis pin mana untuk power switch, power led, hdd led, dan reset, letaknya tergantung merk motherboard nya sendiri.
9. Setelah semua terpasang dengan baik, tutup chasing sebelah kanan dan kiri menggunakan screw.
10. Komputer siap dihidupkan.

Lebih lengkapnya berikut saya cantumkan video tentang cara merakit komputer..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar